Masa subur wanita merupakan masa untuk mempercepat pembuahan. Masa ini terjadi jika pelepasan sel telur dari indung telur sehingga sperma akan siap membuahi. Biasanya masa tidak subur membuat peluang untuk hamil lebih kecil. Masa subur setiap bulannya terjadi pada wanita tetapi jika tidak dibuahi maka sel telur akan mati dan meluruh menjadi menstruasi. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi pada 21 hingga 35 hari dan biasanya mengalami siklus 28 hari. Diantara siklus tersebut terdapat masa paling subur untuk wanita, dapat dihitung pada hari 10 hingga 17 setelah haid dan jika siklus menstruasi terjadi dalam 28 hari.

Untuk menghitung masa subur maka dapat dihitung dari panjang hari pertama hingga hari akhir merupakan masa sebelum menstruasi dimulai. Panjangnya siklus berbeda setiap bulannya sehingga perlu mencatatnya untuk mengetahui rata-ratanya selama delapan bulan jika diperlukan. Jika ingin menghitung siklus masa subur maka kurangi 18 hari siklus terpendek dan menjadi hari pertama memasuki masa subur dan kurangi 11 hari dalam siklus terpanjang dari masa terakhir masa subur. Maka wanita dapat melakukan hubungan seks memasuki hari 17 hingga 18 setelah menstruasi yang menjadi cara untuk mendapatkan kelahiran.

Berikut adalah ciri-ciri wanita memasuki masa subur diantaranya:

  • Gairah seks menjadi meningkat dibanding hari sebelumnya dimana wanita menginginkan hubungan diatas ranjang dalam beberapa malam dan menjadi tanda tubuh bersiap untuk bereproduksi.
  • Adanya cairan bening yang keluar untuk mempermudah gerakan sperma dalam rahim dan biasanya menjadi tanda ingin memiliki anak dan akan memudahkan proses pembuahan secara maksimal.
  • Terdapat bercak kecoklatan dari folikel telur untuk menyambut pembuahan dan menjadi tanda masa subur.
  • Rahim lebih mudah terbuka dan lembut walaupun terasa sakit ketika melakukan hubungan intim, hal ini dikarenakan banyaknya cairan pelumas disekresikan dan cairan ini akan basah ketika melakukan hubungan bersama dengan pasangan.

Selain itu, tanda masa subuh pada wanita adalah merasakan nyeri pada payudara setelah menstruasi dan dirasakan dalam beberapa saat. Merasakan sakit pada bagian perut bawah bagian kiri maupun kanan dengan durasi singkat dan memberikan sensasi mittleschmelrz sehingga wanita akan merasa mual ketika memasuki masa ovulasi. Wanita akan merasa perut yang kembung karena meningkatnya retensi air karena kadar estrogen dalam tubuh meningkat dan akan menghilang tanpa perlu diobati. Wanita juga merasa sakit kepala sebelah atau migren karena melonjaknya hormon dan berfluktuasi hormon dan merasakan mual karena hormon yang meningkat serta lebih merasakan sensitif dibandingkan sebelumnya, terutama indra penciuman.

Berikut adalah makanan yang dapat membuat wanita subur:

  • Sayuran hijau dengan kandungan zat besi membantu periode prakonsepsi akan meningkatkan kesuburan dengan baik.
  • Daging tanpa lemak yang dipotong ramping lalu dipanggang namun jangan dikonsumsi secara berlebihan.
  • Ikan yang memberikan kandungan omega 3 untuk meningkatkan aliran darah menuju organ reproduksi dan mengatur hormon reproduksi.
  • Olahan susu seperti yogurt, keju dan susu untuk kesehatan reproduksi dan tulang dan cocok untuk wanita bermasalah dengan ovulasi.

Masa subur wanita dapat dengan baik digunakan oleh pasangan jika membuat tubuh tetap rileks karena akan membantu sperma dapat bergerak cepat dan sehat. Pastikan memiliki sifat bersih-bersih yang dapat mengurangi produksi insulin yang berbahaya untuk perkembangan telur. Pastikan juga memiliki waktu istirahat cukup dan membantu kesuburan wanita dengan baik. Beberapa hal ini perlu diperhatikan terutama jika merencanakan hamil setelah menikah terutama untuk calon ibu.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *